Perihal Penyempurna Wudhu Cara Rasulullah

Perihal Penyempurna Wudhu Cara Rasulullah

Perihal Penyempurna Wudhu Cara Rasulullah 


Assalamu'alaykum
Wudhu adalah kegiatan yang umum dilakukan kaum muslim untuk bersuci sebelum sholat. Namun.. Ada beberapa hal yang sepertinya sering kita tinggalkan. Apa sajakah itu?
.
1) menyela jari-jari tangan dan kaki
Jumhur Ulama berkata "Disunnahkan dalam wudhu menyela jari-jari tangan & dua kaki berdasarkan sabda Nabi SAW. "Sempurnakan wudhu dan sela-selalah anyara jari-jari
.
2) Jangan menggunakan sesuatu yang dapat menghalangi masuknya air wudhu. Seperti cat kuku, pewarna rambut, dll
.
3) Hindari berbicara saat berwudhu, beberapa pendapat menyatakan berbicara ketika wudhu tidak diutamakan, bahkan ada pendapat yang menyatakan hukumnya makruh. 
Madzhab Malikiyah menegaskan dimakruhkannya berbicara tanpa dibutuhkan, yang isinya selain dzikir kepada Allah. Sementara menurut madzhab Syafi’iyah, Hanafiyah, dan Hambali, berbicara ketika wudhu di luar kebutuhan hukumnya kurang utama. Artinya lebih diutamakan diam.
.
4) Tahap wudhu boleh kurang dari 3x tapi tdk boleh lebih dari 3x
.
5) Melakukan Istinsyaq (menghirup air ke rongga hidung) dan Instintsar (menyemburkan air yang telah dihirup keluar)
.
6) Membasuh kepala dan telingan dalam sekali basuhan (tidak dipisah)
mengusap kepala dilanjutkan dengan mengusap telinga tanpa mengambil air yang baru. Dalilnya adalah hadits Abu Umamah –walau diperselisihkan ini adalah perkataan Abu Umamah ataukah langsung sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam-,
الأُذُنَانِ مِنَ الرَّأْسِ
“Dua telinga adalah bagian dari kepala.” (HR. Abu Daud no. 134, Tirmidzi no. 37 dan Ibnu Majah no. 444. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan)
.
7) Lebih baik tidak menyeka (mengusap/mengeringkan) air wudhu.
"Sungguh ummatku akan diseru pada hari kiamat dalam keadaan bercahaya karena bekas wudhu’nya. Maka siapa yang mampu melebihkan panjang sinar pada tubuhnya, maka lakukanlah". (HR. Bukhari dan Muslim).
.
Nah, semoga kita dapat menyempurnakan wudhu kita ya dear. Karena berwudhu merupakan rangkaian yang harus dikerjakan sebelum sholat. Jika sudah sempurna wudhu kita, Mudah-mudahan sholat kita jadi lebih khusyuk 😊


Komentar
Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

© Copyright 2017 .