Apa Pengertian Halal

Apa Pengertian Halal

Apa Pengertian Halal ? 

Halal (Arab: حلال‎ ḥalāl; ‘diperbolehkan’) adalah segala objek atau kegiatan yang diizinkan untuk digunakan atau dilaksanakan, dalam agama Islam. Istilah ini dalam kosakata sehari-hari lebih sering digunakan untuk menunjukkan makanan dan minuman yang diizinkan untuk dikonsumsi menurut Islam, menurut jenis makanan dan cara memperolehnya. Pasangan halal adalah thayyib yang berarti ‘baik’. Suatu makanan dan minuman tidak hanya halal, tetapi harus thayyib; apakah layak dikonsumsi atau tidak, atau bermanfaatkah bagi kesehatan. Lawan halal adalah haram.

Halal sebagai salah satu dari lima hukum, yaitu: fardhu (wajib), mustahab (disarankan), halal (diperbolehkan), makruh (dibenci), haram (dilarang).

Di Indonesia, sertifikasi kehalalan produk-produk pangan dan minuman ditangani oleh Majelis Ulama Indonesia–secara spesifiknya Lembaga Produk Pangan, Makanan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia. (wikipedia)

Namun terkadang meskipun telah ada himbauan tentang apa yang diharamkan dan dihalalkan toh masih tetapsaja ada yang melanggarnya dikarenakan itu tergantung dari manusianya sendiri, peraturan dibuat untuk menata kehidupan dan tata masyarakat yang tertib dan aman, namun memang terkadang ada segelintir orang yang ingin merusaknya.

Bagikan informasi tentang Apa Pengertian Halal Itu kepada teman atau kerabat Anda.

Sumber : fashiomuslim.id 


Komentar
Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

© Copyright 2018 .